DominoQQ

Sejarah Domino

on

Domino pertama kali ditemukan di Cina pada tahun 1120 Masehi. Beberapa catatan sejarah telah menelusuri bukti keberadaan potongan – potongan kartu domino yang terbuat dari ubin, diketahui seorang prajurit di Cina bernama Hung Ming (181-234 Masehi) yang membawanya. Beberapa sejarahwan lain percaya bahwa Keung T’ai Kung, pada abad ke-12 SM telah menciptakan permainan ini.

The Chu sz Yam (Sejarahwan di Cina) menyatakan bahwa domino diciptakan oleh pada 1120 Masehi. Para prajurit memperkenalkan permainan domino ini kepada Kaisar Hui Tsung, dan selama masa pemerintahan putra Hui, Kao-Tsung (1127-1163 SM) permainan ini sangat digemari oleh kaisar.

Michael Dummett menulis kalimat pendek di dalam buku sejarah yang berjudul “Game of Tarot” (halaman 35) yang berisi pengenalan domino dimulai dari Eropa hingga Italia, kemungkinan di Venice dan Naples, pada abad ke-18. Meskipun potongan – potongan domino jelas dari warisan Cina, tapi ada perdebatan apakah bahan dasar domino di Eropa dibawa oleh bangsa Cina ke Eropa pada abad keempat belas atau sudah diciptakan di Eropa.

Sebuah domino tunggal ditemukan pada saat runtuhnya Mary Rose (pada awal abad ke-16). Secara keseluruhan, ada begitu banyak bukti yang ditemukan pada abad ke-16 dan abad ke-17 bahwa permainan domino itu ada. Domino yang ditemukan di Eropa berbentuk persegi panjang yang dua kali lebih panjang dan lebar.

Kata “domino” kemungkinan besar berasal dari bahasa Latin, yaitu dominus (yang mempunyai arti tuan rumah). Permainan ini dibawa dari Italia ke Prancis pada awal abad ke -18 dan langsung menjadi populer.┬áPada akhir abad ke-18, Perancis juga membuat tentang teka-teki domino. Teka-teki terdiri dari dua jenis. Pertama, anda akan diberi pola dan diminta untuk menempatkan potongan di atasnya dan disusun hingga membentuk domino. Pada tipe kedua, Anda diberi pola dan diminta untuk menempatkan potongan ubin yang berdasarkan matematika.

Permainan ini akhirnya tiba di Inggris pada akhir abad ke-18 yang dibawa dari Prancis (kemungkinan melalui tawanan perang Prancis) dan dengan cepat tampaknya telah menjadi populer di penginapan dan kedai (tempat menjual minuman) pada saat itu.

Permainan domino sudah sangat dikenal diseluruh dunia. Namun, permainan ini paling populer di Amerika Latin. Suku Eskimo (penduduk asli di Amerika Utara) telah memainkan permainan domino yang terbuat dari tulang hewan, dan sangat mirip dengan bentuk Domino Barat. Ditafsirkan permainan ini mungkin meniru dari permainan yang sudah terkenal di Barat.

Banyak permainan yang menggunakan kartu domino yang sudah modern. Contohnya permainan dengan nama blok yang dinilai menjadi permainan tertua di Eropa yang menggunakan domino. Dimasa sekarang sudah banyak permainan modern khususnya di Indonesia yang menggunakan kartu domino, antara lain : AduQ, BandarQ, DominoQQ, dan Lacak/Gaple.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *